Jadilah Dirimu Sendiri…?

Jujur aku membenci kata-kata ini.

“Jadilah dirimu sendiri…”

Aku mungkin tak pernah mengucapkannya pada teman-temanku.

Tapi aku selalu berkata “lakukan saja yang terbaik…”

Di satu sisi kata-kata “Jadilah dirimu sendiri” ini memang baik, namun untukku pribadi, kalimat itu terdengar semacam omong kosong yang diucapkan seseorang ketika sudah tak bisa lagi memberi masukan pada orang lain.

Mungkin memang tujuannya positif, yaitu untuk mendorong tingkat kepercayaan diri seseorang, “ya kamu harus jadi diri sendiri, itu yang terbaik…”

Namun beberapa orang tidak menyadari bahwa ada orang-orang yang bahkan tidak menyukai diri mereka sendiri. Mereka menyadari kekurangan yang mereka miliki, yang terus mereka coba perbaiki namun terus gagal, akhirnya mencoba untuk menjadi orang lain.

Menurutku,  perlahan kita semua terus belajar dari orang lain, bahkan dari orang yang kita benci sekalipun – kita belajar untuk tidak melakukan apa yang dia lakukan. 

Kita tak bisa betul-betul jadi diri sendiri. Yang paling baik menurutku adalah lakukan saja yang terbaik, terus belajar, memang terkadang ego dan emosi mengalahkan kita, tapi tidak ada yang salah dengan berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kuat mental, dan “masa bodoh” dengan kekhawatiran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s